Pemberitahuan :

1. Blog sudah fix and finish.

2. In Shaa Allah tampilan sudah rapih.

3. Jika ada kesalahan mohon diingatkan dan maafkan.

4. Semoga bermanfaat.

Qur'an



Perlukah Tadarus Al Quran??

Ok,,kali ini kami dari majelis Lajnah,, ingin berbagi artikel mengenai apakah kita perlu tadarus Al Quran??? Mungkin banyak di antara kita yang mengaku muslim, tetapi jarang membaca Al Quran karena menganggap kita bukanlah orang arab yang bisa membaca dan memahami bahasa Arab, kalaupun bisa membaca, kita punya alasan ampuh lainnya, yaitu malas, gak ngerti manfaatnya dari mentadaburi Al Quran, dan beribu-ribu alasan lainnya yang sering muncul saat kita akan membaca Al Quran.

Eittss,, tunggu dulu,, kalau memang itu anggapan antum,, itu salah besar.Memang gue akuin klo mau tadarus Al Quran gak di mulai dari kecil agak susah.Tapi, sante aja, klo ada usaha pasti kita nemuin jalannya deh. Allah selalu memberikan pertolongan kok bagi hambanya yang mau berusaha dan berdoa.Klo masalah hasil sih kita pikirin belakangan aja, yang penting kita berusaha semaksimal mungkin untuk mulai mencintai tadarus Al Quran.Nah sebelum kita bisa mencintai Al Quran, biasanya kita harus kenal dahulu apa itu Al Quran, manfaat-manfaat yang bias kita peroleh dari mengkaji Al Quran, dll. Kan ada pepatah yang bilang "Tak kenal maka tak sayang".Nah biasanya pada tahap ini kita butuh seorang guru, yang bisa memotivasi dan memacu kita untuk lebih rajin tadarus Al Quran.

Biar tambah semangat disertakan juga Hadistnya...

Dalam kitab Shahihnya, Imam Al-Bukhari meriwayatkan sebuah hadits dari Hajjaj bin Minhal dari Syu’bah dari Alqamah bin Martsad dari Sa’ad bin Ubaidah dari Abu Abdirrahman As-Sulami dari Utsman bin Affan Radhiyallahu Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,
خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ .
“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.”

Masih dalam hadits riwayat Al-Bukhari dari Utsman bin Affan, tetapi dalam redaksi yang agak berbeda, disebutkan bahwa Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,
إِنَّ أَفْضَلَكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ .
“Sesungguhnya orang yang paling utama di antara kalian adalah yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.”

Ok,, sekian dulu dari ane ,, moga-moga kita bisa mulai rajin tadarus Al Quran.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Unknown
AUTHOR
February 20, 2012 at 3:03 PM delete

sangat perlu, kalu perlu tiap pagi sebelum pelajaran ada tadarus dari sentral, anak-anak mengikuti di ruang kelas didampingi oleh bapak/ibu guru. okey!

Reply
avatar